Benito Mussolini

Benito Mussolini"Sang Diktator dari Italia"
Benito Amilcare Andrea Mussolini ( 29 Juli 1883 – 28 April 1945 ) adalah seorang diktator Italia yang menganut Fasis. Ia adalah diktator Italia pada periode 1922-1943. Ia dipaksa mundur dari jabatan Perdana Menteri Italia pada 28 Juli 1943 setelah serangkaian kekalahan Italia di Afrika. Setelah ditangkap, ia diisolasi. Dua tahun kemudian, ia dieksekusi di Como, Italia utara. Mussolini mengakhiri sebuah dekade seperti di Jerman yang dilakukan diktator Adolf Hitler dengan Nazi-nya.
Gambar Benito Mussolini
Mussolini lahir di Predappio, Forlì (Emilia-Romagna). Ayahnya Alessandro seorang pandai besi dan ibunya Rosa seorang guru sekolah. Seperti ayahnya, ia menjadi seorang sosialis berat. Tahun 1902 ia beremigrasi ke Swiss. Karena sulit mencari pekerjaan tetap, akhirnya ia pindah ke Italia. Pada 1908 ia bergabung dengan surat kabar Austria di kota Trento. Keluar dari situ, ia jadi editor sebuah koran sosialis la Lotta di Class (Pertentangan Kelas). Di sini antusiasmenya pada Karl Heinrich Marx makin besar. Tahun 1910, ia menjabat sekretaris partai sosialis tingkat daerah di Forlì dan kepribadiannya berkembang menjadi antipatriot. Ketika Italia menyatakan perang dengan Kerajaan Ottoman tahun 1911, ia dipenjara karena propaganda perdamaiannya. Ini bertentangan dengan kinerjanya kemudian.
Setelah ditunjuk jadi editor koran sosialis Avanti, ia pindah ke Milan, tempatnya membangun dirinya sebagai kekuatan berpangaruh atas para pemimpin buruh sosialis Italia. Ia percaya, para proletar bisa dibuhul dalam gerakan fascio. Agaknya inilah cikal bakal gerakan fasis, yang lahir di saat perekonomian Italia memburuk akibat perang, dan pengangguran merebak di mana-mana. Pada Maret 1919, fasisme menjadi suatu gerakan politik ketika ia membentuk Kelompok untuk Bertempur yang dikenal sebagai baju hitam, yakni kumpulan penjahat, kriminal, dan preman yang bertindak sebagai tukang pukul para cukong. Penampilan mereka seram dan tiap hari terlibat perkelahian di jalan-jalan. Setelah gagal pada Pemilu 1919, ia mengembangkan paham kelompoknya, sehingga mulai mendapat pengaruh. Mereka, kaum fasis, menolak parlemen dan mengedepankan kekerasan fisik. Anarki pecah di mana-mana. Pemerintah liberal tak berdaya menghadapinya. Ia membawa "geng"nya, sejumlah besar kaum fasis yang bertampang sangar, untuk melakukan Berbaris ke Roma.
Melihat rombongan preman berwajah angker memasuki Roma, Raja Vittorio Emanuele III menciut jeri. Mussolini diundang ke istana lalu diberi posisi sang Pemimpin. Pada Oktober 1922, Raja memintanya membentuk pemerintahan baru. Jadilah Italia dikelola pemerintahan fasis. Gebrakan pertamanya setelah memegang kekuasaan, adalah menyerang Ethiopia dengan merujuk pada pandangan rasis Charles Robert Darwin, "Ethiopia bangsa kelas rendah, karena termasuk kulit hitam. Jika diperintah oleh ras unggul seperti Italia, itu sudah merupakan akibat alamiah dari evolusi." Bahkan ia bersikeras bahwa bangsa-bangsa berevolusi melalui peperangan. Sehingga jadilah Italia waktu itu bangsa yang ditakuti sepak terjangnya.
Yang meresahkan, ketika ia menduduki Abbesinia tahun 1937, kontan dunia tersentak. Teman akrabnya di Eropa adalah Adolf Hitler, dan mereka membuat aliansi, yang menyeret Italia ke dalam Perang Dunia II di pihak Jerman pada 1940. Namun, pasukannya kalah di Yunani dan Afrika, dan Italia sendiri diserbu oleh pasukan Britania Raya dan Amerika Serikat pada 1943. Pada saat itu Mussolini telah diturunkan dari takhtanya dan ditahan. Pasukan payung Jerman membebaskan dan mengembalikannya berkuasa di Italia Utara. Akhir riwayatnya tiba tak lama kemudian. Ketika akhirnya Italia dikalahkan, ia ditembak oleh musuh Italianya dan mayatnya digantung terbalik di Piazza Loreto di Milan.

65 comments:

April 30, 2012 6:19 PM Permalink

PERTAMAXX diamankan dulu, desainnya ngga sesuai dengan yang saya inginkan :(

April 30, 2012 8:29 PM Permalink

Sebelu membaca
amankan dulu posisi kedua

Mei 01, 2012 11:13 AM Permalink

posisi ke 3 aman,,,

Mei 01, 2012 11:53 AM Permalink

Posisi ke 4 dimanankan juga...wkwkwkwkwkwk....

Mei 01, 2012 3:20 PM Permalink

posisi kelimapun diambil seseorang :D

Mei 02, 2012 10:26 PM Permalink

Sungguh hebat sekaligus malang sang diktator ini.. Akhir dari hidupnya ditembak,lalu mayatnya digantung, sangat mengerikan

Mei 04, 2012 8:47 AM Permalink

ngga pernah dengar namanya T^T

zaman dulu pas masih musim perang dunia bener2 zaman yg mengerikan, bersyukur saya lahir ngga pada masa itu :D

Mei 04, 2012 1:36 PM Permalink

@Jasri DM palingan ngga dibaca ! :P

Mei 04, 2012 1:36 PM Permalink

@Miftachudin yang jelas, saya pertamaxxx :P

Mei 04, 2012 1:36 PM Permalink

@Rudy Azhar Mas Rudy ngikut2 juga

Mei 04, 2012 1:37 PM Permalink

@Karyaku UMY PIMNAS 2012 begitulah nasib jika jadi diktator om, mati menggenaskan :3

Mei 04, 2012 1:38 PM Permalink

@Ladida Cafe kalo ente lahir di masa itu, brarti ngga ada blog ladida cafe donk xD

Mei 04, 2012 1:38 PM Permalink

@Alam Perwira jangan lupa balikin kapan2 ya posisi ke -5 nya, xD

Mei 04, 2012 9:35 PM Permalink

Setiap negara memiliki diktatornya sendiri :)

Dulu Indonesia punya Suharto, Keluarga Cendana Kaya, tapi rakyat juga ikutan kaya.

Sekarang, keluarga dia kaya, sekarang rakyatnya yg miskin

Mei 05, 2012 6:58 PM Permalink

@Endy Tapi kan diktator yang lebih dikenal karena kekejamannya saat perang dunia ke II si Om Benito sama mbah Hitler xD

Mei 06, 2012 1:01 PM Permalink

salah satu diktator yang sangat kejam, jadi inget pelajaran sejarah pas smp. lam kenal ...

Mei 06, 2012 1:42 PM Permalink

@pangeran bollywood salam kenal juga :)

Mei 06, 2012 2:13 PM Permalink

Seorang ditaktor seperti soeharto yang ada di indonesia
yang diturunkan rakyat sendiri..
:D

Mei 06, 2012 3:36 PM Permalink

@TORAYASURABAYA MEskipun dia diktator, tetapi masih ada orang yang merindukan cara beliau memimpin negara ini
:)

@Syndicate OS hahah iya masih banyak yang rindu malahan :)

wew saya post tentang hitler temennya si mussolini,tapi rata2 para diktator itu emang wajahnya angker yakk?wwkwkwk

Mei 09, 2012 12:11 PM Permalink

nice blog...pasti yang punya jago bahasa pemrogaman

Mei 10, 2012 9:54 AM Permalink

@Admin | Torayasurabaya ♥ orang bilang sih, rakyat lebih sejahtera saat beliau memerintah

Mei 10, 2012 9:55 AM Permalink

@randy yang penting share kan ngga mungkin juga diktator tampangnya gemulai mas :D

Mei 10, 2012 9:56 AM Permalink

@Royan Sableng saya ngga ngerti sedikitpun tentang bahasa pemrogaman mas :) saya cuma mengerti sedikit tentang css dan jQuery
hehe

@Syndicate OS apalagi diktator tampangnya cute haha gak bisa bayangin

@Syndicate OS weh2 jago jquery ternyata sob :D

Mei 10, 2012 5:40 PM Permalink

Wew.. ini neh Pemimpin yang paling ditakuti diDunia akan kekejamannya membantai kaum etnis...Ck.. Ck.. Ck...
Tapi cara Memimpinnya itu yang membuatnya disegani oleh Masyarakatnya!!...

#Yaiyalah... segan karena takut dibantai!!!
Wkwkwkwk.......

Mei 10, 2012 8:40 PM Permalink

@randy yang penting share kalo yang cute udah pada jadi boyband tuh orang nya, ga bakalan jadi diktator mas :D
hehe

Mei 10, 2012 8:42 PM Permalink

@randy yang penting sharesaya ngga jago jQuery mas, tapi cuma ngerti dikit ttg event2 dasar aja,

Mei 10, 2012 8:43 PM Permalink

@bagi bagio mereka lebih memilih segan sama sang diktator daripada memilih mati mas :D

Mei 13, 2012 4:37 PM Permalink

gw ga mau jadi dia =='

Mei 14, 2012 8:54 AM Permalink

@Judithya Dwimanda saya juga ngga mau jadi dia :D

Mei 15, 2012 7:53 PM Permalink

Kejam sekali yaa...membantai kaum etnis

Mei 16, 2012 5:45 AM Permalink

posisi 69 di amankan, hehehehehe....

Mei 16, 2012 10:38 AM Permalink

@IT-Soft Center karena kekejamannya beliau menjadi terkenal :D

Mei 16, 2012 10:38 AM Permalink

@dhenycahyoe angka togel muncul lagi
wkwkwkwk

Mei 17, 2012 6:11 AM Permalink

hadirr untuk meramaikann suasana

Mei 18, 2012 9:08 AM Permalink

@Ahmad Rizal Samsi :D
suasana disini ngga pernah rame om :D

Mei 18, 2012 10:03 AM Permalink

kunjungan perdana sobat :D

Mei 18, 2012 1:27 PM Permalink

@Vicky Bzone kapan2 berkunjung lagu ya! :)

Mei 18, 2012 2:38 PM Permalink

Sungguh kejam...

Mei 19, 2012 6:38 PM Permalink

@bagi bagio Hehe. Masuk akal juga perkataanmu :p

Mei 20, 2012 7:23 PM Permalink

kalau temannya adolf hitler pasti kejam...

Mei 22, 2012 2:21 PM Permalink

ini nih orang yang paling kejam mentang" jadi diktator aja udah kayag gitu #PISS

Mei 22, 2012 9:15 PM Permalink

Kok Komentarnya paling banyak dgn pertamaxxx...???

Mei 23, 2012 8:54 AM Permalink

ada satu lagi ini mas selain Benito Mussolini, hhmmm.. siapa ya namanya lupa saya hehe.. itu lebih kejem lagi itu tangan kanannya hitler hehe..

Mei 27, 2012 10:31 AM Permalink

@Aryandhani namanya siapa mas ?
boleh kenalan sama org nya ngga
hehe

Juni 02, 2012 11:41 AM Permalink

keren gan.. mantap dah...

Juni 03, 2012 11:54 AM Permalink

Inimah lebih kejam dari Hitler :D

Juni 04, 2012 10:38 AM Permalink

@Ikhsan emang 'kejambanget' gan XD

Juni 04, 2012 10:38 AM Permalink

@Gerald Assa ngga tau juga saya gan :)

Juni 04, 2012 10:39 AM Permalink

@Ikhwan Maftuh makasih :)

Juni 04, 2012 10:39 AM Permalink

@kirana kanaya 11 12 lah kekejaman mereka
hehe

Juni 04, 2012 11:04 AM Permalink

kunjungan perdana di blogazine keren ini,,heheehhehe

imbang-imbang sama hitler tu Benito Mussolini,, ck ck ck

Juni 04, 2012 11:21 AM Permalink

@Naturalzine mereka saudara yang terpisah :D

Juli 01, 2012 7:23 AM Permalink

@Syndicate OSga apdett yaa?

Juli 12, 2012 8:31 PM Permalink

tampangnya benito serem.. :D

Juli 13, 2012 10:57 AM Permalink

@binkbenk ngga serem2 amat lh :D

Juli 14, 2012 4:34 PM Permalink

sadis tampangnya :D

Juli 28, 2012 10:40 AM Permalink

Pososo Terakhir Diamankan . , ,

Bawah ane Maho Tq :V

Juli 28, 2012 10:40 AM Permalink

@Onion Cyber
Posisi mksdnya :D

September 12, 2012 5:42 PM Permalink

dulu ga ada rasis krn warna kulit loh

lihat saja dulu perbudakan jaman nabi ga lihat-lihat warna kulit

November 13, 2012 11:31 PM Permalink

kapan update lgi mas?

Tambahkan Komentar Anda

Berkomentarlah Sebelum Komentar Itu Dilarang !